Beranda » Materi Kuliah » PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

TAHUN PELAJARAN       : 20… -20…

Nama Sekolah           : ………………

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 5A

Kelas/Program          : V

Semester                     : Ganjil

StandarKompetensi KompetensiDasar KKM Indikator PencapaianKompetensi Alokasi Waktu
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah 1.1.   Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran

 

  • Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
  • Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
  • Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

 

1.2.   Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
1.3.   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
  • Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
  • Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
  • Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
  • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat

 

1.4.   Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
  • Mencari hasil pemangkatan dua
  • Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
  • Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
  • Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
  • Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat

 

1.5.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
  • Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat

 

2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah 2.1.Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
  • Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

 

2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu
  • Melakukan operasi hitung satuan waktu
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
2.3.Melakukan pengukuran sudut
  • Menentukan dan menaksir besar sudut
  • Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat

 

2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan

 

  • Mengenal hubungan antarsatuan jarak
  • Menghitung satuan jarak
  • Mengenal macam-macam satuan kecepatan
  • Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung

 

2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
  • Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan

 

3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah 3.1.  Menghitung luas trapesium dan layanglayang
  • Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang
  • Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang

 

3.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
  • Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang

 

4. Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah 4.1. Menghitung volume kubus dan balok
  • Mencari Volume Kubus dan Balok
  • Mengenal rumus volume kubus dan balok
  • Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus
  • Mengenal satuan volume yang baku

 

4.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
  • Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok

 

Jumlah
Mengetahui,Kepala Sekolah SD/MI ….

 

 

 

(………………………………………..)

NIP.

……..,  ……………………………  20……Guru Mapel Matematika

 

 

 

(………………………………………..)

       NIP.

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

TAHUN PELAJARAN       : 20… -20…

Nama Sekolah           : ………………

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 5B

Kelas/Program          : V

Semester                     : Genap

StandarKompetensi KompetensiDasar KKM Indikator PencapaianKompetensi Alokasi Waktu
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah 5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
  • Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
  • Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal

 

5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
  • Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
  • Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
  • Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
  • Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
  • Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
  • Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
  • Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
  • Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
  • Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
  • Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
  • Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari

 

5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
  • Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
  • Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
  • Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
  • Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
  • Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
  • Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan

 

5.4.Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
  • Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
  • Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

 

6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun 6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
  • Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
  • Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
  • Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
  • Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
  • Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
  • Menggambar lingkaran dengan jangka
  • Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
  • Menggambar belah ketupat

 

6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
  • Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
  • Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut

 

6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
  • Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

 

6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
  • Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
  • Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar

 

6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
  • Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

 

Jumlah
Mengetahui,Kepala Sekolah SD/MI ….

 

 

 

(………………………………………..)

NIP.

……..,  ……………………………  20……Guru Mapel Matematika

 

 

 

(………………………………………..)

       NIP.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s